Kamis, 06 Februari 2014

= Alami Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid =



 

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG., banyak hal yang bisa menjadi penyebab nyeri saat haid – menstruasi (dismenore). Penyebab umum adalah kondisi fisiologis yang terjadi pada wanita yang belum melahirkan, di mana leher rahimnya masih sempit. Sehingga, ketika menstruasi, uterus harus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab lainnya, bisa saja karena adanya tumor (mioma) atau kista yang disebabkan oleh endometriosis.
.
Untuk mengatasi nyeri perut saat menstruasi, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.
.
__Konsumsi Minuman Hangat__
Salah satu cara untuk mengatasi rasa nyeri haid adalah dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Apabila merasa nyeri yang tak tertahankan, atasi dengan meminum air jahe hangat atau teh manis hangat. Selain itu, selama masa haid kamu bisa memasukan sop hangat sebagai menu makan.
.
__Kompres Perut__
Pada saat nyeri atau kram melanda, segera kompres perut kamu dengan air hangat. Caranya, rendam handuk di dalam air panas selama beberapa menit, peras dan langsung kompres pada perut.
.
__Pijatan Minyak Kayu Putih_
Selalu sediakan minyak kayu putih pada saat haid. Ketika tiba-tiba nyeri haid datang, oleskan minyak kayu putih ini ke perut bagian bawah. Kemudian usap perut bagian bawahmu, dan pijat dengan lembut. Dengan adanya minyak kayu putih akan memberi aroma menenangkan segaligus rasa hangat pada perut.
.
__Lakukan Olahraga Ringan__
Olahraga ringan bisa kamu lakukan ketika haid. Biasakan untuk jalan-jalan di sore hari atau sekedar senam ringan. Ini bisa membuat aliran darahmu menjadi lancar, dan tubuh lebih segar.
.
__Mengonsumsi Makanan Sehat__
Kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat, agar kandungan protein dan vitamin di dalamnya bisa membantu pembentukan sel yang rusak dan mengatasi rasa nyeri. Beberpa makanan yang baik untuk di konsumsi yaitu:
· Susu ,Pisang , Kacang-Kacangan, Sarden, Nanas
.
.
.
Pembaca KDKSH ada Pengalaman n Tips lain untuk mengatasi nyeri saat haid,?
silahkan share disini, semoga bermanfaat...

Sumber dan Tips Menarik lain-> http://bit.ly/HaidNyaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar